Home Olahraga Semakin Berjaya, Inilah Lika-liku Perjalanan Sejarah Futsal Indonesia

Semakin Berjaya, Inilah Lika-liku Perjalanan Sejarah Futsal Indonesia

0
Semakin Berjaya, Inilah Lika-liku Perjalanan Sejarah Futsal Indonesia

Futsal adalah olahraga yang saat ini cukup populer di Indonesia. Namun, sejarah futsal Indonesia nyatanya cukup banyak mengalami pasang surut.

Futsal sendiri sebenarnya dapat dikatakan cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Awalnya, sejarah futsal Indonesia dikenal untuk pertama kalinya di tahun 1998-1999. Prof. Juan Carlos Ceriani, adalah sosok yang pertama kali mengenalkan jenis olahraga ini di negara Indonesia.

Meski telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia, tetapi cabang olahraga futsal baru diakui di Indonesia secara resmi di tahun 2002. Saat itu, Negara Indonesia dipercaya menyelenggarakan kompetisi futsal Asia oleh AFC.

Sejarah Futsal Indonesia

Ajang pertandingan futsal di Indonesia mulai diadakan untuk pertama kalinya di tahun 2006-2007. Saat itu, kompetisi futsal tersebut dinamakan Indonesia futsal League (IFL).

Badan futsal nasional (BFN), di bawah PSSI merupakan badan yang dipercaya intuk menyelenggarakan IFL tersebut. Sejarah futsal Indonesia pun semakin maju dengan adanya kompetisi tersebut. Pasalnya, dengan diadakannya kompetisi tersebut masyarakat luas semakin mengenal jenis olahraga yang satu ini.

Perkembangan cabang olahraga futsal Indonesia pun semakin terlihat dengan diadakannya kompetisi futsal bagi wanita yang bernama Liga futsal wanita Indonesia (LFWI) yang dimulai pertama kalinya pada musim 2012-2013.

Meski perkembangan cabang olahraga futsal di Indonesia nampak pesat, tetapi Indonesia Futsal League (IFL) nyatanya pernah diberhentikan pada tahun 2014. Pemberhentian kompetisi tersebut dilakukan akibat adanya perubahan badan penyelenggara tang semual ditangani oleh PSSI diganti oleh badan futsal tersendiri yang kini bernama Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Berubahnya penyelenggara tersebut tentu membawa perubahan pula pada nama kompetisinya. Jika semula kompetisi futsal tersebut bernama Indonesia futsal League, maka dengan adanya perubahan penyelenggara, namanya pun berubah menjadi Liga Super futsal Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2015. Sayangnya, nama tersebut bertahan cukup lama. Pasalnya, di tahun 2016 nama kompetisi futsal tersbut berubah menjadi Pro futsal League (PFL) hingga saat ini.

Perubahan nama tersebut berlaku juga bagi kompetisi futsal untuk wanita. Jika semula ajang futsal untuk wanita diberi nama Liga futsal wanita Indonesia (LFWI), maka kini ajang futsal bagi wanita tersebut berubah nama menjadi women Pro futsal League (WPFL).

Tokoh Berpengaruh

Dalam sejarah futsal Indonesia, terdapat nama-nama penting yang dikenal sangat berjasa dalam kejayaan futsal saat ini. Sebutlah alm. Wandi Batangtaris dan alm. Ronny Pattinasarani. Kedua orang tersebut merupakan orang pertama yang berjasa dalam perkembangan futsal di Indonesia.

Sebentar lagi piala Dunia futsal 2021 udah mulas sob, buat kalian yang mau update, langsung aja kesini sob jackal piala Dunia futsal 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here