Home Health & Fitness Amankah Mengonsumsi Paracetamol Untuk Ibu Hamil?

Amankah Mengonsumsi Paracetamol Untuk Ibu Hamil?

0
Amankah Mengonsumsi Paracetamol Untuk Ibu Hamil?

Kehamilan menjadi salah satu fase dalam kehidupan yang penting. Kehamilan merupakan fase perkembangan bayi dalam kandungan hingga siap untuk melihat dunianya. Selama masa kehamilan berlangsung, banyak sekali pantangan yang harus dilakukan oleh ibu untuk kesehatan bayi dalam kandungan. Hal ini dikarenakan ketika mengandung, ibu tidak hanya mengkonsumsi berbagai nutrisi untuk kebaikannya saja namun juga baik dan memperhatikan kebutuhan gizi bayi yang mereka kandung. Bahkan ketika sakit pada saat masa kehamilan, ada kemungkinan akan mengganggu perkembangan janin selama dalam kandungan

Rasa sakit dan nyeri kerap dirasakan oleh ibu hamil. Hal ini dapat terjadi karena kelelahan hingga beberapa kondisi tertentu yang membutuhkan perawatan. Namun, tidak semua ibu hamil melakukan perawatan rutin untuk menjaga kesehatannya. Beberapa ibu hamil menggunakan obat secara bebas ketika masa kehamilan mereka yang tidak diketahui apakah berbahaya atau tidak ketika dikonsumsi. Salah satu obat yang sering dikonsumsi bebas oleh ibu hamil adalah paracetamol. Dimana obat ini merupakan pereda nyeri dan juga dapat digunakan untuk menurunkan demam. Tetapi, ada kemungkinan obat ini membahayakan kehamilan anda.

Konsumsi paracetamol untuk ibu hamil jika bisa tidak diberikan. Hal ini dikarenakan parasetamol bukan obat bebas yang dapat anda konsumsi kapan saja. Pembelian obat ini harusnya sesuai dengan anjuran dokter agar anda tidak salah dalam mengkonsumsinya. Paracetamol untuk ibu hamil tidak disarankan dikonsumsi sembarang oleh ibu hamil. Jika anda merasakan nyeri atau demam bahkan tidak enak badan, ada baiknya anda mengunjungi dokter kandungan anda. Hal ini dikarenakan obat tersebut dapat membahayakan perkembangan anak anda dalam kandungan.

FDA atau lembaga obat dan narkotika internasional telah melarang penggunaan paracetamol untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan penggunaan paracetamol untuk ibu hamil langsung pada aliran darah akan memberikan efek tidak baik bagi kandungan. Namun, menurut beberapa literatur yang menyebutkan bahwa obat ini aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Terjadi beberapa kasus yang dilaporkan bahwa konsumsi paracetamol untuk ibu hamil akan menyebabkan keguguran. Namun, belum ada pembuktian ilmiah akan resiko tersebut.

Konsumsi paracetamol untuk ibu hamil yang diperbolehkan adalah 500 mg – 1.000 mg untuk satu tablet obat dimana penggunaan maksimum harian adalah 4 kali dalam jeda waktu 6 jam. Jika anda mengkonsumsi obat ini diluar batas tersebut maka sebaiknya anda mengunjungi dokter kandungan anda untuk mendapatkan resep obat.

Beragam info menarik seputar kehamilan dan info bayi dapat anda lihat melalui laman Orami. Dimana disana anda dapat dengan mudah menemukan artikel yang berguna bagi perkembangan anak selama membesarkan si kecil. Melalui berbagai artikel disana, anda merasa tertolong dalam masa membesarkan anak anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here