Home Tips & Trik 5 Tips Saat Memilih Pemakaman Muslim

5 Tips Saat Memilih Pemakaman Muslim

0
5 Tips Saat Memilih Pemakaman Muslim

Memilih pemakaman muslim adalah salah satu cara terbaik untuk punya pemakaman sendiri pertama bagi warga masyarakat di kota besar. Hal ini karena kota-kota besar lahan pemakaman umumnya sudah semakin sempit dan juga ga punya fasilitas yang bisa terbilang minim. Sementara itu tentu anda menginginkan kuburan orang-orang yang dicintai punya kualitas baik dan juga ketika anda ingin berziarah semakin nyaman mendatangi pemakaman.

Pemakaman swasta jadi salah satu solusi terbaik di tengah semakin sempitnya lahan makam. Nah Ketika anda sedang memilih makam orang-orang muslim, maka harus memiliki ketelitian terutama untuk fasilitas apa saja yang diberikan. Berikut ini beberapa tips memilih makam muslim.

 

1. Perawatan Rutin

Sebuah pemakaman umum ataupun swasta tentu harus dirawat secara rutin. Nah biasanya makam kavling muslim yang memang sudah dibeli oleh para personal tentu harus dirawat lebih baik lagi. Saat sebuah lahan makam dirawat dengan baik maka akan memberikan kenyamanan pada para peziarah.

Lahan makam yang dirawat rutin bisa dilihat dari tingkat kebersihannya. Seperti misalnya tidak ada rumput bebas atau rumput liar yang berada di area makam.

 

2. Bebas Biaya Untuk Pemeliharaan

Sebuah pengembang kavling pemakaman muslim harusnya membebaskan anda dari biaya pemeliharaan. Untuk itu sebaiknya pilih pengembang pemakaman yang punya konsep one time payment. Artinya anda hanya perlu membayar sekali saja seumur hidup untuk biaya makam hingga pengelolaannya.

Maka dari itu anda perlu menanyakan dari awal Apakah setelah membayar biaya administrasi perbulan nya akan tetap dikenai oleh biaya pemeliharaan. Jika iya, maka urungkan niat untuk membeli kavling pemakaman pada pengembang tersebut.

 

3. Mengikuti Syariat Pemakaman

Bahkan sebuah kuburan Islam sederhana harus mengikuti syariat makam muslim. Memang bagi umat muslim terdapat aturan-aturan pemakaman yang harus dipenuhi salah satunya arah kiblat. Jadi pastikan lahan pemakaman yang memang Anda beli punya fasilitas yang mengikuti syariat makam muslim.

 

4. Layanan 24 Jam

Pastikan makam muslim yang Anda pilih punya layanan 24 jam secara realtime. Hal ini penting jika anda atau anggota keluarga ada yang mengalami kedukaan secara tiba-tiba. Layanan selama 24 jam atau selalu ada membuat anda akan terbantu untuk menghubungi pengelola pemakaman. Sehingga nantinya proses persiapan prosesi pemakaman jauh lebih mudah.

 

5. Ada Sertifikat Pemanfaatan Lahan

Nah hal lain yang juga penting ketika anda memutuskan untuk membeli lahan makam yaitu adanya sertifikat pemanfaatan lahan makam muslim. Hal ini harus anda tanyakan ketika pertama sekali menghubungi pengembang. Lalu sebaiknya pilihlah lahan makam yang bisa dialih namakan. Anda juga harus menanyakan apakah adanya SKM atau surat kolektif makan sebagai sebuah bukti yang legal bahwa anda punya hak penuh pada lahan tersebut.

SKM ini juga penting, jika memang ingin menyewakan lahan pemakaman atau menjualnya sebagai salah satu bisnis investasi properti.

 

Demikian beberapa tips dalam memilih lahan pemakaman muslim sebagai investasi anda di masa yang akan datang. Untuk diketahui salah satu alasan orang memilih untuk membeli lahan makamnya sendiri adalah agar lebih mudah ketika tiba saatnya kedukaan untuk proses pemakaman yang lebih mudah. hal ini terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar dengan jumlah penduduk padat dan semakin minimnya lahan pemakaman umum. Atau memang bagi Anda yang menginginkan orang-orang yang sudah pergi lebih dulu, punya tempat peristirahatan yang lebih baik dan punya fasilitas bagus. Salah satu pengembang makam muslim terpercaya yang bisa anda andalkan adalah Al Azhar Memorial Garden dengan lokasi yang sangat strategis berada di Karawang Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here