Home Tips & Trik Mengatasi Stres Anak dengan Minuman Coklat Bubuk

Mengatasi Stres Anak dengan Minuman Coklat Bubuk

0
Mengatasi Stres Anak dengan Minuman Coklat Bubuk

Seperti orang dewasa, ternyata anak juga bisa menghadapi stres. Akan tetapi, penyebabnya mungkin tidak serumit orang dewasa. Hal yang paling sering membuat anak stres adalah menghadapi teman yang nakal atau saat menghadapi ujian sekolah. Untuk mengatasinya, anak bisa diberikan minuman coklat bubuk seperti Milo untuk membuat pikiran mereka menjadi lebih tenang.

Ciri Anak Sedang Mengalami Stres

  1. Anak menjadi mudah tersinggung

Ciri utama anak yang sedang stres adalah anak menjadi mudah tersinggung. Mudah tersinggung di sini berarti ia akan mudah marah atau menangis ketika mendapat stimulus kecil saja. Jika hal ini sudah muncul pada anak, orang tua wajib tanggap dan segera membantunya untuk lebih tenang dan rileks. Para ibu bisa membuka pembicaraan baik-baik sambil memberikannya minuman cokelat hangat.

  1. Susah tidur

Jika anak mengalami kesulitan untuk tidur, bisa jadi ia sedang stres. Masalah pikiran adalah penyebab utama seseorang susah tidur. Selain itu, meskipun anak bisa tidur, biasanya tidurnya akan kurang berkualitas atau tetap merasa lelah saat bangun.

  1. Menarik diri dari lingkungan

Tanda berikutnya ketika anak sedang stres adalah lebih ingin menyendiri dan menarik diri dari lingkungan. Hal ini akan sangat terlihat jika anak cenderung aktif bermain dengan teman-teman dan tiba-tiba menarik diri. Biasanya ada pikiran berat yang mengganggu sehingga ia lebih memilih untuk menyendiri.

Manfaat Minuman Cokelat untuk Meredakan Stres Anak

  1. Mengurangi hormon pemicu stres

Salah satu alasan kenapa memberikan minuman cokelat bubuk dapat membantu meredakan stres anak adalah karena dapat mengurangi hormon yang memicu stres. Perlu diketahui, saat stres kadar kortisol akan meningkat dan mengurangi hormon endorfin atau hormon kebahagiaan di dalam tubuh anak. Cokelat adalah salah satu yang bisa mengurangi produksi hormon kortisol tersebut sekaligus meningkatkan hormon endorfin.

  1. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Loma Linda University Health di California, cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat mempengaruhi gelombang gama di dalam otak. Gelombang ini berhubungan erat dengan gangguan stres. Dengan demikian, saat mengonsumsi cokelat, anak akan menjadi lebih rileks dan mengurangi kecemasan yang menyebabkan stres.

  1. Meningkatkan hormon serotonin

Alasan terakhir adalah minuman cokelat dapat meningkatkan hormon serotonin pada anak. Serotonin merupakan hormon yang berfungsi untuk memberikan rasa senang dan nyaman. Jadi, bisa dikatakan memberikan minuman cokelat bubuk dapat membantu mengatasi stres pada anak. Berikan segelas cokelat hangat sebelum dan setelah bangun tidur untuk mendapatkan efek lebih maksimal.

Itulah beberapa alasan kenapa memberikan minuman cokelat pada anak bisa membantunya meredakan stres. Jadi, sangat penting untuk selalu menyediakan minuman cokelat seperti Milo di rumah sehingga ketika tanda-tanda stres muncul pada anak bisa segera diatasi dan tidak berlarut-larut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here