Home Transportasi Manfaatkan Halte Bus Untuk Keselamatan

Manfaatkan Halte Bus Untuk Keselamatan

0
Manfaatkan Halte Bus Untuk Keselamatan

Di beberapa kota besar ruas jalan sudah demikian diintensifkan sehingga mampu mengakomodasi banyak kendaraan. Meski begitu, karena jumlah kendaraan pribadi sudah terlalu banyak, kemacetan tetap saja terjadi. Untuk menyiasati hal ini, pemerintah menggalakkan program naik angkutan umum dengan Hallte Bus sebagai tempat naik maupun pemberhentian. Naik bus sekarang bisa sangat nyaman karena semua fasilitas pendukung telah dikelola dengan baik.

Manfaatkan Halte Bus Untuk Keselamatan

Bila menengok keberadaan Halte Bus di Jakarta anda mungkin mulai tertarik menggunakan layanan trasnportasi masal yang menjadi program unggulan pemda DKI. Halte bus saat ini dibuat senyaman mungkin dengan didukung oleh fasilitas modern.

Lantas apa sih fungsi dari Halte Bus ? Sebagai alat transportasi massal, bus pariwisata maupun bus reguler tidak bisa menaikkan dan menurunkan penumpangnya begitu saja. Tetapi harus dilakukan di halte yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang. Dengan begitu tidak terjadi kesemrawutan arus lalu lintas karena jika penumpang diturunkan secara serampangan, efeknya lalu lintas bisa macet.

Bicara soal Halte Bus, saat ini ada halte bus yang berubah fungsinya. Antara lain dijadikan tempat berjualan atau dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai fasilitas yang menunjang kepentingan umum, tidak seharusnya fasilitas seperti halte bus dirubah fungsinya atau dirusak. Diperlukan kesadaran dari semua pihak bahwa halte bus adalah milik bersama, dan merusaknya adalah pelanggaran hokum.

Secara spesifik, di Indonesia, di semua kota besar, telah disediakan banyak halte bus di sejumlah titik strategis. Halte-halte ini adalah bagian dari jaringan layanan angkutan bus. Jumlahnya relatif banyak, bahkan di lokasi perkantoran, pada jarak 300 hingga 400 meteran, selalu disediakan Halte Bus. Adapun di daerah pinggiran perkotaan, jarak dari satu halte bus ke halte bus berikutnya berkisar di antara 300 sampai 1000 meteran.

Jika dipergunakan sebagaimana mestinya, kita bisa merasakan betapa Halte Bus sangat bermanfaat bagi kita semua. Karena itu, tindakan-tindakan tak terpuji seperti mencoret-coret dinding halte bus, atau merusak fasilitas di sebuah halte bus harus disingkirkan. Dan ingat, naik bus sama artinya dengan menyukseskan program pemerintah yaitu mengurangi angka kemacetan. Lagi pula naik bus tarifnya enggak mahal kok, jauh dekat hanya dipatok Rp. 4.000 saja.

Oke, apakah anda sudah siap naik bus ke kantor besok pagi ??

sumber : https://halimtrans.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here