Home Bisnis Aplikasi Pembukuan UKM yang Mudah Digunakan Sesuai Ciri UKM

Aplikasi Pembukuan UKM yang Mudah Digunakan Sesuai Ciri UKM

0
Aplikasi Pembukuan UKM yang Mudah Digunakan Sesuai Ciri UKM

UKM atau Usaha Kecil Menengah bisanya meliputi bisnis yang dijalankan perorangan atau memiliki staff dalam jumlah kecil atau bisnis dengan keuntungan yang tidak melebihi 200 juta dengan perhitungan yang biasanya sudah menggunakan aplikasi pembukuan UKM. Ada kriteria yang menentukan suatu bisnis termasuk usaha kecil atau usaha menengah.

Usaha Kecil dan Usaha Menengah

  1. Usaha Kecil

Usaha kecil adalah perusahaan dengan pendapatan bersih tahunan 50 juta hingga 300 juta rupiah. Bisnis ini dapat mencakup jenis bisnis yang lebih umum, seperti pembuatan produk fashion rumahan, restoran, toko serba ada, dll. Usaha kecil umumnya sudah memiliki pencatatan akuntansi yang teratur baik itu secara manual ataupun menggunakan aplikasi pembukuan UKM.

  1. Usaha Menengah

Di atas usaha kecil ada usaha menengah dengan manajemen yang lebih tinggi dan tentu staff yang lebih banyak. Untuk pendapatan per tahun usaha menengah lebih dari 300 juta per tahun dan usahanya umumnya sudah memiliki NPWP karena harus meminta izin resmi dari pemerintah. Untuk pembukuan juga biasanya lebih kompleksi dibandingkan usaha menengah.

Karakteristik UKM

Setiap UKM tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda misalnya memiliki aset yang tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tempat bisnis juga masih dapat dipindahkan sesuai kebutuhan bahkan pengelolaan keuangan dan manajemennya bisanya belum terlalu lengkap bahkan terkadang masih tercampur dengan uang pribadi.

Sumber daya manusia masih tidak semuanya memiliki jiwa wirausaha sehingga masih harus dilatih lagi. Sebagian besar pelaku UKM tidak memiliki akses ke layanan perbankan, namun sebagian sudah memiliki akses ke lembaga non-perbankan. Sebagian besar tidak memiliki izin komersial atau aspek hukum lainnya seperti NPWP.

Biasanya UKM lebih sering menemukan permasalahan pada keuangan. Itulah mengapa kehadiran aplikasi pembukuan UKM seperti Moodah sangat membantu pelaku UKM dalam mengatur keuangan mereka. Moodah adalah aplikasi untuk membantu menyusun laporan keuangan mulai dari arus kas masuk, keluar, pencatatan hutang, perhitungan laba rugi, dan lainnya sehingga juga memudahkan pekerjaan karyawan dan bisa dijadikan bahan evaluasi bisnis di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here